Asal Usul Burung Kenari

Canary
Kenari / Canary, siapa yang tidak kenal dengan burung satu ini ?,(kalau ada yang belum kenal silahkan kenalan saja dulu...!, banyak mangkal ko di Suka Haji....! heheehe). Memiliki kicauan yang merdu gerak-gerik yang lincah atraktif, ditambah lagi dengan warna bulunya yang indah dan corak yang beragam. Lalu pertanyaannya adalah, berasal dari mana si burung fantasi ini ?, apakah merupakan burung asli Indonesia ? mengingat banyaknya populasi kenari di Indonesia dewasa ini, di bawah ini jawabannya.

Nenek moyang dari semua jenis kenari (serinus canaria) yang ada di muka bumi ini, termasuk yang ada dalam sangkar di rumah anda sekarang ini merupakan generasi anak cucu kenari liar (serinus serinus) yang dahulu kala ditemukan berkembang biak dengan bebas di Kepulauan Canary dan di daratan bagian timur laut Afrika. Namun sebenarnya kenari bukanlah burung asli endemik Kepulauan Canary, tetapi sengaja diperkenalkan sebagai burung kepulauan tersebut. Awalnya, ada sebuah kapal dengan sejumlah kandang sarat kenari karam di dekat pulau dan seorang pelaut melepaskan burung-burung itu dengan maksud agar tidak mati tenggelam. Banyak di antara burung tersebut mendarat ke pulau terdekat dan di sana mereka menemukan banyak makanan dan iklim yang cocok untuk berkembang biak.

Dan menurut berbagai sumber, terutama menurut si mbah Google. Ternyata diketahui bahwa bangsa Spanyol lah yang pertama kali menangkarkan burung kenari.

Begitulah kurang lebih asal muasal burung burung kenari. Hingga sekarang kenari menjadi burung peliharaan yang bernilai dan sangat populer, seiring varietas-varietas kenari warna yang terus bermunculan dan dikembangkan terutama ketika varietas kenari kuning, cokelat dan merah diciptakan.

Namun secara garis besar semua kenari-kenari yang sekarang ini beredar di kalangan para kicau mania, adalah berasal dari varietas inti kenari yang terus dikembang biakkan untuk menghasilkan keturunan yang lebih baik. Yaitu dengan cara mengawinsilangkan varietas satu dengan varietas lainnya, sesuai dengan keinginan sang breeder untuk memaksimalkan warna, postur, ataupun suara.

Di bawah ini adalah pembagian varietas burung kenari secara garis besar, menurut para ahli, ada lima varietas menurut mereka yaitu.

1.Varietas Lagu (Song Variety)
Yaitu varitas kenari yang dikembangbiakkan untuk menghasilkan kenari-kenari dengan kemampuan membawakan lagu atau kicauan yang bagus namun sedikit banyak mengabaikan warna bulu burung tersebut. Kalau kata orang sunda mah (parab oray tapi lagu hade….heheheh).

2.Varietas Warna (Color Bred Variety)
Yaitu varietas kenari yang merupakan hasil pengembangbiakan untuk mengejar kualitas warna dengan sedikit banyak mengabaikan keindahan nyanyian si kenari. Di Bandung sendiri sangatlah banyak bredeer kenari varietas warna, diantaranya yang terkenal adalah Rumah Kenari dan Reza Canary.
3.Varietas Postur (Posture Canary)
Yaitu jenis kenari yang dikembangbiakkan untuk menghasilkan postur tubuh yang sesui dengan keinginan sang pengembang dan sedikit memperhatikan warna bulu dan sama sekali mengabaikan masalah lagu.

4.Varietas Hibrid (The Mule And Hybrid Canaries)
Yaitu kenari hasil persilangan antara kenari dengan burung jenis finch lainnya untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat tertentu yang menonjol, apakah itu di masalah warna, lagu, postur, atau kombinasi di antara tiga varietas yang disebut sebelumnya (ini contohnya adalah persilangan lizard dengan yorkshire, atau yorkshire dengan blacktrouth dan sebagainya).

5.Varietas Blasteran (sebut saja demikian)
Yaitu hasil persilangan dari semua ragam varietas di atas yang direkayasa bukan untuk tujuan khusus karena yang penting bisa memuaskan hasrat orang yang menangkar untuk bisa meghasilkan burung, apapun jenisnya.

Nah sampai disini mengenai asal usul burung kenari dan pembagian varietasnya secara garis besar.


Terima kasih.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© EL' Canarian | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger